Minggu, 22 Mei 2011

ALTERASI DAN MINERALISASI DAERAH SANGKAROPI

Salam Blogger Mania...!!!

Buat yang request geologi regional Tator khususx Sangkarapi dan colapnya, tpi jangan dicontek buta2 ya, jelaskan sesuai dengan yang dijelaskan dosen mata kuliah saat di lapangan: 

A. Alterasi dan Mineralisasi Daerah Sangkaropi
Mineral alterasi merupakan mineral yang mengalami ubahan baik dalam bentuk fisik maupun komposisi kimia dan kemudian membentuk mineral baru akibat factor factor tertentu. Berdasarkan data-data dan adanya indikasi yang diperoleh dilapangan dan perbedaan mineral yang terbentuk yang diakibatkan oleh pengaruh meningkatnya pH,yang kemudian di hubungkan dengan beberpa teori yang telah ada maka pada daerah penelitian ini dapat dibagi atas beberapa kelompok mineral alterasi yaitu:

1. Kelompok Kaolin
Mineral mineral yang dijumpai dilapangan yang kemudian digolongkan sebagai mineral pada kelompok Kaolin adalah mineral Kaolin. Mineral kaolin ini pada daerah penelitian dijumpai di stasiun 4 yang berada disepanjang jalan yang terletak disebelah Utara Barat laut pada peta yaitu disekitar daerah Todo,dan Berdasarkan pada interpretasi model topografi pada peta maka dapat diperkirakan bahwa mineral ini menyebar relatif pada arah Barat Daya tenggara. Kaolin sebagai kelompok mineral Illit, merupakan hasil alterasi atau ubahan karena faktor kimia yang terbentuk pada kondisi pH yang lebih tinggi (pH = 4), serta faktor temperatur yang mengakibatkan, mineral-mineral yang kaya akan unsur silika berupa unsur magnesium dan potasium mengalami pelapukan dan hancuran membentuk mineral kaolin bersama dengan itu alunit-andalusit-korundum berada dalam pH antara 3 – 4. hallosit umumnya terbentuk akibat pengayaan atau supergen walaupun kadang terbentuk dari larutan hidrotermal. Mineral kaolin terbentuk pada temperatur yang rendah (150 – 2500C) pada kedalaman yang kecil (dangkal).

2. Kelompok Illit
Selanjutnya mineral mineral yang dijumpai dilapangan yang dijumpai sebagai mineral hasil alterasi dari mineral yang telah ada sebelumnya yang kemudian diklasifikasikan sebagai kelompok mineral Illit adalah mineral serisit, yang dijumpai pada stasiun delapan 8. Kelompok mineral ini terbentuk pada kondisi pH antara 4 – 6 sedangkan pada pH transisi (4 - 5) berasosiasi dengan kaolin,kelompok mineral ini terbentuk pada temperatur > 200 – 2500 C. Mineral serisit yang dijuumpai dilapangan nampak relatif berwarna merah dengan bentuk pipih melembar. Mineral serisit merupakan hasil ubahan dari mineral feldspar baik dari mineral plagioklas maupun ortoklas yang menyusun batuan yang bereaksi dengan unsur hidrogen ,pada proses ubahan feldspar tidak hanya menghasilkan serisit tetapi menhasilkan juga kuarsa sebagai mineral asosiasi. Mineral serisit maupun kuarsa ini terbentuk dari hasil ubahan mineral feldspar yang berubah menjadi serisit serta kuarsa. Mineral serisit yang dijumpai didaerah penelitian ini berbatasan dengan lapisan mineral klorit dan berdasarkan pada interpretasi peta topografi yang mana bahwa penyebaran mineral ini relatif mengikuti arah kemiringan topografi yaitu menyebar dari Barat Laut ke Tenggara.

3. Kelompok Calc Silika
Adapun mineral yang dijumpai dilapangan sebagai kelompok mineral calc silika adalah mineral Zeolith . Zeolith ini dapat dijumpai pada stasiun 4 dengan ciri fisik warna hijau yang berasosiasi dengan kaolin.. Zeolith merupakan mineral hasil alterasi karena batuan asal yang kaya akan unsur feldspar atau silika di intrusi oleh batuan beku lain sebagaimana dijumpai pada daerah penelitian nampak adanya intrusi dasit porphyri selain terjadi interaksi dengan lingkungan sekitarnya dan reaksi dengan unsur tertentu Kelompok mineral ini terbentuk pada kondisi pH yang netral hingga basa. Zeolit terbentuk pada temperatur yang lebih rendah daripada mineral yang termasuk sebagai mineral calc silika. Mineral “hydrous zeolite” (natrolit, karbasit,mordenit, stibnite, heulandit) terbentuk pada kondisi yang dingin sedangkan mineral “hydrated zeolite” (laumonit, wairakit). dijumpai pada kedalaman yang besar dan pada kondisi yang panas pada sistem hidrotermal

4. Kelompok Silika
Mineral yang termasuk sebagai kelompok mineral silika adalah mineral yang kaya akan unsur Si. Adapun mineral yang dijumpai dilapangan sebagai kelompok silika adalah mineral Kuarsa .Kuarsa dapat dijumpai pada stasiun 1 merupakan mineral hasil mineralisasi pada bentuik bentuk vein kuarsa ini terbentuk karena adanya magma yang bersifat volatil yang berupa unsur gas dan uap kemuidan bergerak menuju permukaan bumi kemudian mengisi batuan samoing yang telah ada kemudioan membeku membentuk mineral kuarsa. Dijumpai pula adanya mineral Tras yaitu pada stasiun 7 yang merupakan mineral yang berupa alterasi nonhidrotermal, pada awalnya mineral ini berasal dari batuan hasil vulkanik yang kaya akan mineral mineral feldpsar,kemudian mengalami replacement atau lebih tepatnya mengalami pencucian kemudian mengalami pengayaan berupa unsur silika . Tras pada daerah penelitian dapat dijumpai menyebar pada arah relatif utara selatan mengikutii model topografi pada daerah tersebut. Selain kelompok mineral mineral tersebut yang dijumpai sebagai hasil alterasi dijumpai pula mineral mineral lain ,yaitu antara lain berupa Azurit dan Malacite dengan ciri fisik berwarna hijau yang dapat dijumpai pada stasiun tiga dan dua . Mineral-mineral ini merupakan salah satu mineral yang mengalami proses alterasi dari batuan yang mengandung unsur Cu ,yang mana ketika terjadi proses pelepasan unsurunsur Cu nya kemudian bereaksi dan berikatan dengan unsur unsur yang ada di udara membentuk mineral baru.

B. Zona Mineralisasi Daerah Sangkaropi
Mineral-mineral yang dijumpai sebagai hasil mineralisasi larutan magma yang bereaksi larutan hidrotermal. Mineralisasi merupakan proses pembentukan mineral mineral baru. Salah satu ganesa mineral mineral yang terbentuk sebagai hasil mineralisasi pada daerah penelitian merupakan salah satu jenis endapan mineral Hidrotermal Submarine yang terbentuk Karena pengaruh gaya extension tektonik yang terbentuk pada back arc basin hal ini di indikasikan oleh batuan asalnya yang bersifat intermediate to felsic rocks ,adanya mineral mineral yang kaya akan unsur Cu serta Zn yang menunjukkan bahwa terdapat black and white smokey, serta di stasiun 1 nampak adanya proses replacment dimana mineral mineral mengalami proses oksidasi membentuk hematit,dan pada daerah penelitian tepatnya di stasiun 2 nampak dijumpai adanya stocworcks yaitu rekahan rekahan yang terisi oleh mineral mineral berupa mineral feldspar. Pada daerah penelitian ini unsur sulfur yang relatif berwarna kuning cukup banyak dijumpai di beberapa stasiun daerah penelitian yang mana untuk ciri endapan yang demikian sering di sebut sebagai tipe endapan oko yang mirip kuroko. Pada daerah penelitian Mineral mineral yang dijumpai sebagai hasil mineralisasi yang kemudian di bandingkan serta dihubungkan dengan klasifikasi menurut M Bateman terdiri atas :
1. Pirit, pirit dengan rumus FeS2 , pada daerah penelitian dijumpai dalam bentuk endapan mineral secara dissaminated yaitu bentuk mineralisasi yang menyebar.Mineral pirit ini dijumpai di beberapa stasiun pengamatan yaitu di stasiun 1,2 dan 5. Proses pembentukan pirit ini berasal dari pembekuan magma yang mengalami pengaruh hidrotermal ataupun berasal dari rekasi mineral mineral tertentu seperti feldpar dengan piroksin serta adanya pengaruh larutan hidrotermal
2. Kalkopirit, mineral ini merupakan salah satu jenis mineral sulfida yang terbentuk dari persenyawaan unsur Cu ,Fe dan S yang terjadi karena proses hidrotermal,yang mana magma yang berupa unsur volatil berupa gas dan uap yang mengandung unsur S , Fe, dan Cu tersebut bereaksi dengan unsur yang berasal dari lareutan hidrotermal.
3. Galena, mineral ini terbentuk dari proses pengenadapan magma .Dimana magma yang bersifat pijar pada stadium early magmatis kemudian karena gaya berat sehingga unsur yang cukup berat akan terakumulasii kebawah kemudian terkristalisasi membentuk galena dalam bentuk endapan segregation.
4. Hematit, Mineral hematit merupakan salah satu jenis mineral yang banyak mengandung unsur oksidasi besi,yang terbentuk dari proses oksidasi. Adapun proses pembentukannya adalah batuan asalnya yang berupa batuan beku basa dan banyak mengandung unsur Fe atau besi bercampur dan bereaksi dengan unsur unsur yang dapat menyebabkan terjadinya proses oksidasi dan electrolisis seperti oleh unsur Cl dan O pada kondisi tropis-subtropis .Endapan endapan yang seperti ini dapat dijumpai sebagai endapan marin disebabkan oleh karena didaerah tersebut unsur yang menyebabkan electrolisis seperti NaCl sangat melimpah.
5. Kuarsa, Mineral kuarsa dengan komposisi kimia SiO2. yang dapat dijumpai pada stasiun tiga. Merupakan hasil pembekuan magma yang bersifat volatil,dimana magma ini bergerak naik kepermukaan dari endapan ini merupakan proses hidrotermal khususnya pada kondisi epitermal dimana suhu pembentukannya sangat rendah yaitu dibawah 500C ,Proses pembentukan endapan terjadi karena magma sisa yang berasal dari sisa diferensiasi magma pada beberapa tahap sebelumnya yang dalam kondisi atau bentuk volatil berupa gas gas dan fluida bergerak keatas menuju ke permukaan mencari rekahan dan pori pori yang ada pada suatu batuan khususnya batuan samping kemudian mengisi pori tersebut kemudian membeku membentuk kuarsa.
6. Sphalerit, Mineral ini mempunyai ciri berwarna hitam,merupakan salah satu jenis mineral hasil mineralisasi yang terbentuk karena reaksi batuan samping dengan batuan beku atau karena naiknya magma yang bersifat folatril kemudian bereaksi lingkungan sekitar.
7. Magnetit, Magnetit pada daerah penelitian dapat dijumpai pada stasiun 1 yang mana keberadaan mineral ini merupakan hasil mineralisasi dari magma yang bersifat folatil kemudian mengisi rekahan antar batuan yang klemudian berinteraksi denganunsur unsur diupermukaan termasuk didalamnya pengaruh hidrotermal.

untuk lebih lengkapnya termasuk geologi regionalnya silahkan download disini : DOWNLOAD

SALAM TAMBANG & SALAM GALI-GALI
HABIB_EL_AZIZY







3 komentar:

  1. Nice posting gan...
    thanks for sharing...
    btw boleh request software micromine yang crack ngga ya??

    BalasHapus
  2. mas minta paswordya dong .....edys.survey@gmail.com


    salam,
    edys

    BalasHapus
  3. KISAH SUKSES
    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

    BalasHapus